Saturday, November 19, 2016

Diskriminasi Harga / Price Discrimination dan Contoh

Jika suatu perusahaan menetapkan hanya satu harga untuk semua pelanggan, harga akan terjadi pada P  dan kuantitas yang dihasilkan akan sejumlah Q .

Idealnya, perusahaan ingin menetapkan harga yang lebih tinggi kepada konsumen bersedia membayar lebih dari harga P, sehingga perusahaan menangkap beberapa surplus konsumen di bawah wilayah kurva permintaan.

Perusahaan juga ingin menjual kepada konsumen bersedia membayar harga yang lebih rendah dari P , tetapi hanya jika hal itu tidak berarti menurunkan harga untuk konsumen lain.

Dengan cara itu, perusahaan juga bisa menangkap beberapa kelebihan di bawah wilayah dari kurva permintaan.

Maka dilakukanlah diskriminasi harga: penetapan harga yang berbeda untuk konsumen yang berbeda terhadap barang yang sama.

Ada 3 Degree / derajad Diskriminasi Harga:

1. first-degree price discrimination    
Diskriminasi harga derajat 1 dilakukan dengan cara menerapkan harga yang berbeda-beda untuk setiap konsumen berdasarkan reservation price (Willingness To Pay) masing-masing konsumen dibedakan pada kemampuan daya beli masing-masing konsumen.

Contoh: seorang dokter memberlakukan tarif konsultasi yang berbeda-beda pada setiap pasiennya.

2. Second-Degree Price Discrimination
Diskriminasi harga derajat 2 dilakukan dengan cara menerapkan harga yang berbeda-beda per unit untuk jumlah yang berbeda produk yang dijual.

Disebut juga block pricing, menetapkan harga yang berbeda untuk penjualan jumlah/blok yang berbeda dari suatu barang.

Contoh: perbedaan harga per unit pada pembelian grosir dan pembelian eceran, pembeli yang membeli mie instan 1 bungkus dan 1 kardus akan berbeda harga per satuannya. 

3. third-degree price discrimination   
 Diskriminasi harga derajat 3 dilakukan dengan cara menerapkan harga yang berbeda untuk setiap kelompok konsumen berdasarkan reservation price masing-masing kelompok konsumen.

Contoh: Harga majalah tempo di kampus lebih murah dari pada di bandara.

No comments:

Post a Comment

Iklan Google

Entri Populer

Berbagi Ke Lainnya