Konsep
dasar pengertian Economies of scale dan Economies of scope:
1. Economies of scale: Semakin banyak
volume out put maka biaya rata-rata produksi semakin kecil sehingga keuntungan
semakin besar.
2. Economies of scope: Apabila perusahaan
menghasilkan beragam jenis out put maka biaya rata-rata produksinya akan
semakin kecil.
Skala
ekonomi sendiri ada 2 jenis yaitu:
Skala
ekonomis internal (internal economies of scale) muncul jika biaya per unit
tergantung pada besarnya satu perusahaan,
terlepas dari industri , pasar atau lingkungan di mana ia beroperasi .
Skala
ekonomi eksternal adalah skala ekonomi yang dapat menguntungkan perusahaan
karena cara industri dijalankan.
Diseconomies
skala terjadi ketika perusahaan sudah semakin besar dalam rangka untuk menuai
skala ekonomi, harus dikelola dan
dijalankan secara lebih kompleks. Kompleksitas ini menimbulkan biaya, dan
akhirnya biaya tersebut akan lebih besar daripada tabungan yang diperoleh dari
skala ekonominya. Dengan kata lain, skala ekonomi tidak selamanya
menguntungkan.
Sulit
menemukan sebuah perusahaan besar yang efisien . Kebanyakan perusahaan besar
memiliki lebih banyak orang dari pada pekerjaan mereka.
Sedangkan
economies of scope adalah situasi dimana joint output dari satu perusahaan
lebih besar dibandingkan dengan output yang akan dicapai oleh dua perusahaan
berbeda yang memproduksi barang yang sama. Atau singkatnya dimana satu
perusahaan memproduksi lebih dari 1 jenis barang. Untuk mengukur derajat dari
economies of scope, kita harus tahu berapa persen dari biaya produksi yang
disimpan/tersimpan ketika dua atau lebih produk barang diproduksi secara
bersama sama dibandingkan secara individual (satu perusahaan memproduksi 1
jenis barang).
Contoh
ekonomi of scope adalah perusahaan travel, daripada membuat perusahaan baru di
bidang ekspedisi lebih baik perusahaan travel tersebut juga menyediakan layanan
jasa ekspedisi.
Dalam
economies of scale, pengurangan biaya rata rata produksi digunakan untuk
menambah total produksi dalam jenis barang yang sama, sedangkan untuk economies
of scope, penurunan biaya rata rata produksi akan digunakan untuk memproduksi 2
jenis barang atau lebih. Maka dalam perusahaan akan ada keragaman hasil
produksi..
Contoh
lain adalah ketika sejumlah konglomerat bersatu untuk cross-selling saling silang menjual satu sama lain, jadi menggunakan sistem dan marketing yang sama untuk
menjual berbagai macam produk untuk mendapatkan skope ekonomi.
Further reading
Sloan,
A.P., “My Years with General Motors
(http://www.amazon.com/exec/obidos/ASIN/0385042353/theeconomists20) ”,
Doubleday, 1964; revised, 1990
Smith,
A., “The Wealth of Nations
(http://www.amazon.com/exec/obidos/ASIN/0553585975/theeconomists20) ”, 1776
More
management ideas
This article is adapted from “The Economist Guide
to Management Ideas and Gurus”, by Tim Hindle (Profile Books; 322 pages; £20).
The guide has the lowdown on over 100 of the most influential businessmanagement
ideas and more than 50 of the world's most influential management thinkers. To
buy this book, please visit our online shop (
No comments:
Post a Comment