Saturday, October 8, 2016

Perbendaan Economics Scale dan Economics Scope

Konsep dasar pengertian Economies of scale dan Economies of scope:

1.    Economies of scale: Semakin banyak volume out put maka biaya rata-rata produksi semakin kecil sehingga keuntungan semakin besar.
2.     Economies of scope: Apabila perusahaan menghasilkan beragam jenis out put maka biaya rata-rata produksinya akan semakin kecil.

Skala ekonomi sendiri ada 2 jenis yaitu:
Skala ekonomis internal (internal economies of scale) muncul jika biaya per unit tergantung pada  besarnya satu perusahaan, terlepas dari industri , pasar atau lingkungan di mana ia beroperasi .

Skala ekonomi eksternal adalah skala ekonomi yang dapat menguntungkan perusahaan karena cara industri dijalankan.

Diseconomies skala terjadi ketika perusahaan sudah semakin besar dalam rangka untuk menuai skala ekonomi, harus dikelola  dan dijalankan secara lebih kompleks. Kompleksitas ini menimbulkan biaya, dan akhirnya biaya tersebut akan lebih besar daripada tabungan yang diperoleh dari skala ekonominya. Dengan kata lain, skala ekonomi tidak selamanya menguntungkan.

Sulit menemukan sebuah perusahaan besar yang efisien . Kebanyakan perusahaan besar memiliki lebih banyak orang dari pada pekerjaan mereka.

Sedangkan economies of scope adalah situasi dimana joint output dari satu perusahaan lebih besar dibandingkan dengan output yang akan dicapai oleh dua perusahaan berbeda yang memproduksi barang yang sama. Atau singkatnya dimana satu perusahaan memproduksi lebih dari 1 jenis barang. Untuk mengukur derajat dari economies of scope, kita harus tahu berapa persen dari biaya produksi yang disimpan/tersimpan ketika dua atau lebih produk barang diproduksi secara bersama sama dibandingkan secara individual (satu perusahaan memproduksi 1 jenis barang).

Contoh ekonomi of scope adalah perusahaan travel, daripada membuat perusahaan baru di bidang ekspedisi lebih baik perusahaan travel tersebut juga menyediakan layanan jasa ekspedisi.

Dalam economies of scale, pengurangan biaya rata rata produksi digunakan untuk menambah total produksi dalam jenis barang yang sama, sedangkan untuk economies of scope, penurunan biaya rata rata produksi akan digunakan untuk memproduksi 2 jenis barang atau lebih. Maka dalam perusahaan akan ada keragaman hasil produksi..

Contoh lain adalah ketika sejumlah konglomerat bersatu untuk cross-selling saling silang menjual satu sama lain, jadi menggunakan sistem dan marketing yang sama untuk menjual berbagai macam produk untuk mendapatkan skope ekonomi.

Further reading
Sloan, A.P., “My Years with General Motors (http://www.amazon.com/exec/obidos/ASIN/0385042353/theeconomists­20) ”, Doubleday, 1964; revised, 1990
Smith, A., “The Wealth of Nations (http://www.amazon.com/exec/obidos/ASIN/0553585975/theeconomists­20) ”, 1776
More management ideas

This article is adapted from “The Economist Guide to Management Ideas and Gurus”, by Tim Hindle (Profile Books; 322 pages; £20). The guide has the low­down on over 100 of the most influential business­management ideas and more than 50 of the world's most influential management thinkers. To buy this book, please visit our online shop (

No comments:

Post a Comment

Iklan Google

Entri Populer

Berbagi Ke Lainnya